Sabtu, 03 Oktober 2009

Hotspot

Hotspot (Wi-Fi) adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi Wireless LAN pada lokasi-lokasi publik seperti taman, perpustakaan, restoran/kafe, bandara dll. Dengan pemanfaatan teknologi ini, seseorang dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan.
Faktor - faktor yang mempengaruhi kuat lemahnya sinyal hot spot antara lain :
1. Scattering (Pemecahan Sinyal)
Pemecahan sinyal WiFi oleh partikel air yang ada di udara. Partikel air tersebut memantulkan sinyal - sinyal WiFi sehingga sulit diterima oleh laptop atau komputer. Misalnya saat udara sedang lembab maupun hujan.
2. Multipath
Hal ini disebabkan karena adanya 2 sinyal datang dari arah berbeda. Kedua sinyal ini dapat saling menghilangkan satu sama lain atau dikenal dengan istilah Out of Phrase Signal
3. Refraction (Pembelokan Sinyal)
Refraction adalah perubahan arah, atau pembelokan dari sinyal disaat sinyal melewati sesuatu yang beda massanya. Sebagai contoh sinyal yang melewati segelas air, atau sinyal yang melewati sebuah prisma kaca
4. Free Path Loss
Keadaan dimana sebuah sinyal yang menjauhi sumbernya makin lama akan menghilang. Seperti saat kita menjatuhkan batu secara vertikal ke sebuah kolam air, akan terbentuk gelombang yang menjauhi titk batu dijatuhkan dan semakin jauh semakin menghilang, namun tidak berhenti, hanya menghilang.
2. Letak perangkat hotspot yang baik
  • Kita harus dapat memperkirakan jarak rumah ke area hotspot yang digunakan, hal ini bertujuan untuk dapat mengetahui jenis wireless apa yang dapat menjangkau jarak tersebut dengan baik. Pada umumnya signal terbaik kita dapatkan dari jarak sekitar 15 meter diatas tanah, hal ini dipengaruhi dari ketinggian bangunan dan jaringan kabel listrik pada umumnya sekitar 12m diatas tanah.

  • Selain itu untuk saling menjaga kestabilan jaringan yang kita gunakan hendaknya menggunakan sistem keamanan yang terorganisir dengan baik, hal ini dapat menghindari gangguan dari pihak luar seperti hacker ataupun penyusup-penyusup yang tidak kita inginkan.

  • perangkat juga sebaiknya diletakkan pada tempat-tempat yang tidak terhalang oleh benda-benda yang dapat mengganggu sinyal wifi, seperti : kaca, pohon, dll.
    sebaiknya juga tidak meletakkan perangkat pada indoor
    diperhitungkan juga supaya antara perangkat dan titik hotspot tidak terhalang oleh bangunan.

  • jangan pula meletakkan perangkat di dekat karpet dan kaca atau benda-benda yang berbahan karpet dan kaca. karena karpet dapat meredam sinyal. pada dasarnya benda-benda yang meredam suara juga bisa meredam sinyal. maka dari itu, sebaiknya kita tidak meletakkan didekat benda-benda tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar